Gedung Danadyaksa Cikini, Jl. Cikini Raya No.91A-D, Menteng, Jakarta Pusat
Call Center 134, +62-21-23507011

Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU 2023 Tahap 2

Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU adalah program kerja sama pendanaan bersama antara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), LPDP, Northeastern University dan Zhejiang Huayou Cobalt Co. Ltd.

Apa itu Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU?

Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU adalah beasiswa jenjang magister program kerja sama pendanaan bersama antara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Northeastern University dan Zhejiang Huayou Cobalt Co. Ltd., yang bertujuan untuk meningkatkan penelitian dan pendidikan di bidang metallurgical engineering.

Siapa Sasaran Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU?

Sasaran program Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU adalah Warga Negara Indonesia dari masyarakat umum selain Pegawai Negeri Sipil (PNS), Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI), dan Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Seperti apa skema Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU?

Program Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU diperuntukkan pada jenjang magister satu gelar (single degree) dengan durasi studi paling lama 36 (tiga puluh enam) bulan termasuk studi lapangan di Zhejiang Huayou Cobalt Co. Ltd. Masa studi akan berlangsung dari tahun 2023 hingga 2026 pada program studi tujuan Metallurgical Engineering, di Northeastern University, Tiongkok. Setelah lulus studi, Penerima Beasiswa memiliki kewajiban untuk bekerja pada industri ZHC Co. Ltd yang berada di Indonesia selama 2 (dua) tahun.

Apa saja komponen Dana yang diberikan?

  1. Dana Pendidikan 
  1. Dana SPP/Tuition Fee
  2. Dana Tunjangan Buku 
  3. Dana Penelitian Tesis 
  4. Dana Seminar Internasional 
  5. Dana Publikasi Jurnal Internasional 

  1. Dana Pendukung 
  1. Dana Hidup Bulanan
  2. Dana Asuransi Kesehatan 
  3. Dana Transportasi
  4. Dana keadaaan darurat (jika diperlukan)
  5. Dana Kedatangan
  6. Dana Aplikasi Visa 

Apa saja persyaratan pendaftaran Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU?

Persyaratan Beasiswa  Kerja sama Metalurgi NEU:

    1. Warga Negara Indonesia
    2. Mendaftar program BPI Kerja Sama Metalurgi melalui laman LPDP
    3. Telah menyelesaikan studi pada program diploma empat (D4) atau sarjana (S1). Pendaftar diutamakan lulusan dari program studi bidang metalurgi, kimia, pengolahan mineral, teknik mesin, teknik elektro, geologi, dan bidang lainnya yang linear dengan program studi tujuan.
    4. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar.
    5. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister (S2) ataupun Doktor (S3) baik di perguruan tingi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.
    6. Melampirkan surat rekomendasi dari akademisi atau tokoh masyarakat yang diterbitkan pada tahun pendaftaran.
    7. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar per 31 Desember tahun pendaftaran paling tinggi berusia 35 (tiga puluh lima) tahun.
    8. Mengunggah dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya (Diploma Empat/D4 atau Sarjana/S1) sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4,00 atau yang setara dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.
    9. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan:
      1. hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama.
      2. tangkapan layar ajuan penyetaraan ijazah dan konversi IPK pada laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama mengenai penyetaraan ijazah dan konversi IPK bagi pendaftar yang penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPKnya belum terbit. 
    10. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang diterbitkan paling lambat pada 2 (dua) tahun terakhir dari tahun pendaftaran beasiswa oleh ETS (www.ets.org), IELTS (www.ielts.org) atau atau Duolingo English Test (englishtest.duolingo.com) dengan ketentuan memiliki skor minimal kemampuan bahasa inggris TOEFL iBT® 80, IELTS™ 6.5 atau Duolingo Englist Test 80.
    11. Bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran LPDP dengan keseluruhan poin-poin terlampir.
    12. Mengunggah Dokumen kontrak perjanjian mengenai kesediaan untuk bekerja di Industri Zhejiang Huayou Cobalt Co. Ltd di Indonesia selama 2 (dua) tahun yang telah ditandatangani oleh pendaftar diatas materai 10.000 sesuai format terlampir.
    13. Menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.
    14. Mengisi riwayat publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non-kejuaraan, dan pengalaman organisasi pada aplikasi pendaftaran (jika ada).
    15. Pendaftar yang telah lulus Seleksi Substansi pada Program Kerja Sama Metalurgi NEU akan mendapatkan LoA Unconditional dari Northeastern University. Mekanisme pemberian LoA Unconditional selanjutnya akan diinformasikan pada saat pengumuman hasil Seleksi Substansi.
    16. Apabila pendaftar yang telah lulus seleksi substansi tidak mendapatkan LoA Unconditional dari NEU sebelum tanggal yang ditetapkan oleh LPDP, maka status sebagai Calon Penerima Beasiswa akan dicabut.

Bagaimana Cara Mendaftar Beasiswa LPDP?

  1. ­­Mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran.
  3. Pastikan melakukan submit pada aplikasi pendaftaran sesuai dengan jadwal yang ditentukan untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.

Apa saja proses seleksi Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU?

Proses Seleksi Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU sebagai berikut:

  1. Seleksi Administrasi
  2. Seleksi Substansi

Ketentuan tentang Perkuliahan paling cepat dan LoA Unconditional

Mulai Perkuliahan:

Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU diberlakukan untuk perkuliahan mulai bulan Oktober 2023.

LoA Unconditional adalah surat resmi dari perguruan tinggi (official admission) yang menyatakan bahwa seseorang telah diterima sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tersebut dengan tanpa persyaratan, kecuali persyaratan sponsor pendanaan, dokumen fisik ijazah dan transkrip nilai jenjang studi sebelumnya, dan/atau persyaratan tambahan yang tidak berisiko mengubah status diterimanya orang tersebut sebagai mahasiswa pada program studi yang dituju serta memuat nama lengkap, jenjang studi, program studi, serta durasi studi, lama studi, permulaan studi dan/atau akhir studi.

Apa saja Pelanggaran dan Sanksi yang diberlakukan oleh LPDP?

  1. Pendaftar yang melakukan kecurangan selama tahapan pendaftaran dan/atau seleksi beasiswa dikategorikan sebagai pelanggaran ketentuan dan persyaratan seleksi.
  2. Pendaftar yang melanggar ketentuan dan persyaratan seleksi akan digugurkan dan tidak dapat mengikuti tahapan seleksi berikutnya.
  3. Apabila di kemudian hari pendaftar yang telah ditetapkan sebagai Calon Penerima Beasiswa atau Penerima Beasiswa diketahui melanggar ketentuan dan persyaratan seleksi dan/atau tidak memenuhi persyaratan yang disampaikan pada surat pernyataan, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan LPDP.
  4. Apabila pendaftar yang telah ditetapkan sebagai Calon Penerima Beasiswa atau Penerima Beasiswa di kemudian hari diketahui memberikan informasi atau dokumen yang tidak benar atau palsu, maka akan dikenakan sanksi administratif berat berupa pemberhentian sebagai Calon Penerima Beasiswa atau Penerima Beasiswa dengan kewajiban pengembalian dana studi yang telah diterima dan pemblokiran untuk mengikuti program LPDP di masa mendatang. 

Bagaimana dengan ketentuan Pengabdian yang ditetapkan LPDP?

  1. Alumni Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU wajib kembali ke Indonesia dan berkontribusi di Indonesia sekurang-kurangnya 2 (dua) kali masa studi ditambah 1 tahun (2n+1) setelah selesai studi secara berturut-turut.
  2. Alumni Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU wajib bekerja selama 2 (dua) tahun di Industri Zhejiang Huayou Cobalt yang berada di Indonesia setelah lulus studi yang dihitung menjadi masa kontribusi di Indonesia oleh LPDP.
  3. Penerima program beasiswa wajib segera melaporkan kelulusan studi kepada LPDP dan Kemenkomarves.

Dokumen apa saja yang harus diisi atau di unggah pada aplikasi pendaftaran Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU?

Dokumen

Online Form

Unggah

Biodata Diri

Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Scan Ijazah S1 (Asli atau Legalisir) atau SKL (Surat Keterangan Lulus)

Scan Transkrip Nilai S1 (bukan Transkrip Profesi)

Dokumen penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kemendikbudristek / Kementerian Agama atau tangkapan layar pengajuan penyetaraan ijazah dan konversi IPK (Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri)

Sertifikat Bahasa Asing yang dipersyaratkan dan Masih Berlaku (Asli)

Surat rekomendasi dari akademisi atau tokoh masyarakat yang diterbitkan pada tahun pendaftaran

Surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran saat akan melakukan submit (poin-poin terlampir)

Profil diri pada formulir pendaftaran online

Komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia

Dokumen kontrak perjanjian mengenai kesediaan untuk bekerja pada Industri Zhejiang Huayou Cobalt Co.Ltd  di Indonesia  selama 2 tahun, yang sudah ditandatangani  pendaftar dan dibubuhi materai 10.000

Publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi (jika ada)

Tahapan dan Jadwal Seleksi Beasiswa Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU

Kegiatan

Tanggal

Pendaftaran Beasiswa

 26 Juli – 11 Agustus 2023

Seleksi Administrasi

 1416 Agustus 2023

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi

 22 Agustus 2023

Masa Sanggah

 23 – 24 Agustus 2023

Pengumuman Hasil Sanggah

 29 Agustus 2023

Seleksi Substansi

 5 – 7 September 2023

Pengumuman Hasil Seleksi Substansi

 12 Septemeber 2023

Penyampaian LoA Unconditional NEU kepada   LPDP

 21 September 2023

Mulai Perkuliahan

 8 Oktober 2023