Pendaftaran Beasiswa LPDP Dokter Spesialis dan Dokter Subspesialis
23 Days
:
22 Hours
:
59 Minutes
Gedung Danadyaksa Cikini, Jl. Cikini Raya No.91A-D, Menteng, Jakarta Pusat
Call Center 1500-652
Pendaftaran Beasiswa LPDP Dokter Spesialis dan Dokter Subspesialis
23 Days
:
22 Hours
:
59 Minutes
Gedung Danadyaksa Cikini, Jl. Cikini Raya No.91A-D, Menteng, Jakarta Pusat
Call Center 1500-652
HomeNews and UpdateMeredam Bara Karhutla

Risprostory | 09-08-2022

Meredam Bara Karhutla

Author
Dimas Wahyudi

Photographer
Dokumentasi Periset

Seringkali berita-berita soal kebakaran lahan tak hanya berdampak pada kehidupan masyarakat sekitar, negara kita bahkan dikenal sebagai pengekspor asap ke negara-negara tetangga. Namun kini tim peneliti dari Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB telah membangun mekanisme penanggulangan dini yang dinamakan Sistem Informasi Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (SIPP Karhutla) - System Monitoring and Reporting Technology for Fire Prevention Patrol (SMART Patrol Information System).

SIPP Karhutla dibangun sebagai alat bantu dalam mendukung pelaksanaan patroli pencegahan karhutla di Indonesia.  Sistem ini terdiri dari Aplikasi Mobile pencatatan data patroli karhutla, Sistem Manajemen Basis Data untuk mengelola data patroli karhutla, dan Aplikasi Berbasis Web untuk pemantauan secara real time kegiatan patroli, manajemen pengguna, pelaporan, dan analisis data spasial patroli karhutla.

Tak berhenti di penemuan sistem dan aplikasi, SIPP Karhutla kini juga telah ditetapkan sebagai acuan dalam mitigasi karhutla yang dimuat dalam Peraturan Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim No. P.10/PPI/SET/KUM.1/12/2020 tentang Tata Cara Penggunaan Sistem Informasi Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (SIPP Karhutla). Sistem ini telah digunakan dalam mendukung pelaksanaan patroli pencegahan karhutla di Daerah Operasi Manggala Agni di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Saat ini, inisiasi penggunaan sistem telah juga dilakukan di wilayah Sulawesi, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Maluku Papua.  Dengan adanya SIPP Karhutla, pengelolaan data patroli pencegahan karhutla menjadi lebih terstruktur untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih cepat terkait pengendalian karhutla. Hal ini menjadi salah satu bukti nyata sumbangan IPB dalam menyediakan teknologi untuk pencegahan karhutla di Indonesia.

Pembangunan SIPP Karhutla - SMART Patrol Information System turut didukung pendanaan dari RISPRO LPDP dan International Tropical Timber Organization (ITTO) Jepang.