Gedung Danadyaksa Cikini, Jl. Cikini Raya No.91A-D, Menteng, Jakarta Pusat
Call Center 134, +62-21-23507011

Berita | 06-03-2023

Beasiswa S2 OKP-LPDP/StuNed Tahun 2023 Telah Dibuka Kembali

Penulis
Tony Firman

Fotografer
Ilustrasi oleh Dimas Wahyudi

Pemerintah Kerajaan Belanda melalui Nuffic Neso kembali memberikan beasiswa kepada warga negara Indonesia untuk bisa melanjutkan studi S2 di Belanda melalui OKP - LPDP: StuNed Joint Scholarship Programme. Masa pendaftaran dibuka dari 20 Februari hingga 30 Maret 2023. 

Program ini memadukan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) Indonesia di sejumlah bidang pembangunan yang spesifik dengan menempuh studi di perguruan tinggi Belanda terbaik.

Sejak tahun 2021, sudah ada dua gelombang penerima beasiswa kerja sama Diktiristek-LPDP-OKP/StuNed yang melangsungkan pendidikan di negeri Belanda. Di tahun 2023 ini, beasiswa StuNed diperuntukan bagi 22 orang yang secara spesifik akan menjadi ahli di antara enam bidang berikut ini:

  1. Water Management & Technology

  2. Entrepreneurship

  3. Sustainable & Circular Economy Focusing on Urban Development and Heritage Restoration

  4. Maritime and Logistics

  5. Security and The Rule of Law in Particular Cyber Security

  6. Public Health Management

Para pendaftar beasiswa dapat memilih setidaknya 11 perguruan tinggi terbaik Belanda yang unggul di keenam bidang studi tersebut, yaitu:

  1. Utrecht University

  2. Leiden University

  3. University of Groningen

  4. Radboud University

  5. Tilburg University

  6. KIT Royal Tropical Institute 

  7. Erasmus University Rotterdam

  8. International Institute of Social Studies (Part of Erasmus University Rotterdam)

  9. Institute for Housing and Development Studies (Part of Erasmus University Rotterdam)

  10. IHE Delft Institute for Water Education

  11. Rotterdam University of Applied Sciences

Diktiristek-LPDP-OKP/StuNed adalah program beasiswa kerja sama antara Pemerintah Kerajaan Belanda dengan Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (DIktiristek) dan Lemebaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Untuk mendapat beasiswa StuNed, Anda perlu mendaftar di kedua sistem aplikasi online milik OKP/StuNed dan Beasiswa LPDP. Informasi lebih lanjut terkait pendaftaran dan persyaratan beasiswa Diktiristek-LPDP-OKP/StuNed dapat mengunduh buku panduan pada tautan berikut ini.

LPDP mengimbau calon pendaftar untuk selalu berpedoman pada informasi yang disebarkan oleh kanal resmi LPDP. Waspadalah terhadap modus-modus kecurangan yang mengatasnamakan LPDP.