Gedung Danadyaksa Cikini, Jl. Cikini Raya No.91A-D, Menteng, Jakarta Pusat
Call Center 134, +62-21-23507011
Ilustrasi Beasiswa Prioritas - Campus France

Berita | 05-02-2024

Kolaborasi LPDP dengan Campus France, Tawarkan 52 Program Studi di 27 Kampus Top di Prancis

Penulis
Tony Firman

Fotografer
Ilustrasi oleh Ghilman Aminullah

Jakarta, 5 Januari 2024 - Chers futurs boursiers! Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) terus melanjutkan pengembangan pendidikan berkelanjutan. Salah satu yang terbaru di awal tahun ini adalah kerjasama pendanaan beasiswa dengan pihak Campus France. 

Beasiswa kolaborasi pendanaan bersama antara LPDP dan Campus France ini memungkinkan pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi program master di Prancis dalam bahasa Inggris. Ada total 52 program studi yang tersebar di 27 kampus di Prancis yang dapat dipilih sesuai minat dan bakat.

Dalam peluncuran perdana di tahun ajaran 2024/2025 ini, kategori bidang studi yang tersedia ada beragam. Terdiri mulai dari keanekaragaman hayati, ekonomi biru/hijau, industri kreatif, teknologi digital/informasi, energi, teknik, kewirausahaan, ilmu pemerintahan, kesehatan, maritim, ilmu teknik material, dan perencanaan kota.

Pendaftaran beasiswa Campus France telah dibuka sejak 11 Januari hingga 12 Februari 2024 melalui program Beasiswa Prioritas LPDP-Campus France. Berikut langkah mendaftar ke Beasiswa Prioritas - Campus France.

  1. Mendaftarkan diri  ke program Beasiswa Prioritas LPDP-Campus France 2024 melalui website beasiswalpdp.kemenkeu.go.id dan lengkapi segala persyaratan administrasi program Beasiswa Prioritas yang telah ditetapkan oleh LPDP.

  2. Hubungi Campus France melalui alamat email lpdp.prancis@ifi-id.com setelah menyelesaikan proses pendaftaran beasiswa.

  3. Lakukan proses pendaftaran ke institusi pendidikan tinggi Prancis terkait sesuai dengan prosedur yang ditentukan oleh Campus France.

  4. Setelah diterima oleh universitas sesuai dengan program yang kamu pilih, silahkan melanjutkan proses prosedur visa melalui platform Études en France, sesuai dengan ketentuan yang ditentukan oleh Campus France.

Pengumuman akhir Beasiswa Prioritas - Campus France akan dilaksanakan pada 10 Juni 2024. 

Beasiswa Prioritas - Campus France adalah salah satu dari tujuh program kemitraan Beasiswa Prioritas lainnya yang baru pertama kali dibuka di Pendaftaran Beasiswa LPDP 2024 Tahap 1  ini.

Selain itu, Beasiswa Prioritas memberikan kesempatan kepada Anda untuk mendaftar dua program beasiswa LPDP sekaligus. Anda bisa mendaftar Beasiswa Kemitraan/Beasiswa Prioritas sambil tetap mendaftar jalur reguler lainnya (Beasiswa Umum, Targeted, dan Afirmasi) untuk kampus tujuan luar negeri.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang berbagai program studi dan kampus yang ditawarkan di Beasiswa Prioritas LPDP, Anda dapat mengunjungi situs resmi lpdp.kemenkeu.go.id dan menuju pada bagian Beasiswa Targeted. 

Anda juga bisa mengunjungi tautan berikut untuk mengunduh langsung booklet Beasiswa Prioritas pada kolom kelompok Beasiswa Targeted.

Telah Mencapai Kesepakatan LPDP - Campus France

Penandatanganan kesepakatan antara LPDP dan Campus France sendiri dilakukan pada Kamis (1/2) lalu antara Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto dengan Jules Irrmann selaku Direktur Institut français d’Indonésie (IFI) sekaligus Penasihat Kerja Sama dan Kebudayaan Kedutaan Besar Perancis.

Direktur Utama LPDP dalam sambutannya mengatakan bahwa program kerjasama ini diharapkan dapat membawa dampak yang lebih signifikan terhadap pengembangan sumber daya manusia Indonesia dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Selain itu, beasiswa  ini diproyeksikan menjadi model percontohan untuk program kemitraan mendatang yang akan terus berkembang.

“Sinergi antara LPDP dan Campus France akan menjadi model yang baik bagi kerjasama pendidikan internasional dan akan menginspirasi negara-negara lain untuk menjalin kemitraan serupa” ujar Andin Hadiyanto di Kedutaan Besar Prancis di kawasan Thamrin Jakarta Pusat. 

Kegiatan penandatanganan kerjasama LPDP - Campus France ini dihadiri pula oleh Duta Besar Prancis untuk Indonesia H.E Fabien Penone. Campus France merupakan lembaga publik di bawah otoritas dua kementerian Prancis, yakni Kementerian Eropa dan Luar Negeri dan Kementerian Pendidikan Tinggi, Riset dan Inovasi.