Gedung Danadyaksa Cikini, Jl. Cikini Raya No.91A-D, Menteng, Jakarta Pusat
Call Center 134, +62-21-23507011

Berita | 27-05-2023

LPDP Business Competition 2023 Lombok, Tumbuhkan Minat Entrepreneurship Kaum Muda NTB

Penulis
Tony Firman

Fotografer
Dok. Tony Firman

Lombok, 27 Mei 2023 - Roadshow 5ME2045 LPDP Business Competition telah sampai di Nusa Tenggara Barat (NTB). Guna menggaungkan kompetisi bisnis bagi para entrepreneur dan kaum muda NTB, LPDP bersama komunitas Mata Garuda NTB melakukan sosialisasi program Business Competition yang berlokasi di Aula Rektorat Universitas Islam Al-Azhar Mataram.

LPDP memaparkan langsung program 5ME2045 Business Competition yang pertama kali diadakan pada tahun ini. Five Million Entrepreneurs atau disingkat 5ME adalah target capaian LPDP Business Competition untuk menciptakan lima juta pengusaha di tahun 2045 mendatang.

Pada peluncuran perdananya, LPDP Business Competition 2023 menargetkan ada 5.000 proposal yang didaftarkan dan akan dinilai sekaligus diberi feedback oleh para juri profesional. Diharapkan di tahun mendatang target proposal dan jumlah penumbuhan entrepreneur baru akan meningkat.

Rektor Universitas Islam Al-Azhar Dr. Ir. Muh Ansyar, MP dalam sambutannya mendukung penuh LPDP Business Competition yang mendorong lebih banyak orang untuk mau berwirausaha. 

“Negara yang maju itu harus lebih banyak entrepreneur. Jangan lagi cita-cita PNS saja. Karena PNS tidak bisa kaya, nanti dibuntuti KPK” ujar Muh Ansyar dengan sumringah di depan para peserta dan undangan.  “Jadi silahkan nanti arahkan cita-citanya menjadi pebisnis yang baik, menjadi orang yang kreatif terutama di masa muda ini.” ajaknya. 

Acara berlangsung penih antusiasme dan dihadiri oleh 230 peserta yang memenuhi kursi aula Rektorat Universitas Islam Al-Azhar Mataram. Terdapat pemaparan mendetail terkait program LPDP Business Competition seperti kategori, tema, persyaratan, praktik penyusunan proposal dan sesi tanya jawab.

Tidak hanya sosialisasi program, ada coaching clinic terkait metode pengembangan ide bisnis serta penyusunan proposal bisnis untuk bisa mendaftarkan ke LPDP Business Competition. Materi diisi oleh alumni penerima beasiswa LPDP yang tergabung dalam Mata Garuda NTB.

Meracuni Kaum Muda Indonesia untuk Jadi Entrepreneur

Roadshow 5ME2045 LPDP Business Competition di Mataram, Lombok, NTB ini dihadiri oleh kaum muda dari lintas latar belakang seoertu siswa SMA/SMK, mahasiswa, pelaku UMKM, awardee LPDP, umum, dan lainnya.

LPDP merasa terpanggil berpartisipasi menumbuhkan semangat entrepreneurship untuk membantu menciptakan rintisan bisnis agar lebih banyak lagi penduduk Indonesia yang mau berwirausaha. Pasalnya, untuk menjadi negara yang kuat secara ekonomi, sektor publik harus disokong oleh sektor privat. 

Agar sektor privat berkembang, perlu menumbuhkan pebisnis kreatif baru dari kalangan muda agar nantinya di tahun 2045 saat bertepatan dengan 100 tahun usia Indonesia, sektor ekonomi nasional bisa kokoh dan memakmurkan rakyat Indonesia.

“Dari sabang sampai merauke, utara ke selatan, kita melakukan roadshow di seluruh Indonesia baik luring maupun daring. Semua anak-anak muda peserta diracuni dengan entrepreneur. Harapannya dengan proses ini akan tumbuh suatu tekad di diri anak muda untuk menjadi entrepreneur,” ujar Juni Dearmanita Damanik selaku Ketua Divisi Pengelolaan Alumni LPDP.

Sosialisasi LPDP Business Competition di Mataram, NTB dimulai sekitar pukul sembilan sampai 13.00 siang WITA. Acara serupa juga terselenggara secara bersamaan di Dompu dan sebelumnya di Lombok Timur pada 20 Mei kemarin.

Pendaftaran LPDP Business Competition telah dibuka dari tanggal 2 sampai 31 Mei 2023. Segala tata cara, persyaratan, dan pendaftaran LPDP Business Competition 2023 dapat dilihat dengan mengunjungi tautan berikut ini

Ayo, daftarkan ide bisnis maupun rintisan bisnis Anda ke LPDP Business Competition dan dapatkan berbagai macam benefit untuk mewujudkan bisnis impian. Sebanyak 25 tim atau perseorangan akan diumumkan sebagai pemenang pada puncak acara LPDP Festival 2 Agustus 2023.