Gedung Danadyaksa Cikini, Jl. Cikini Raya No.91A-D, Menteng, Jakarta Pusat
Call Center 134, +62-21-23507011

Berita | 24-05-2023

Roadshow LPDP Business Competition Yogyakarta, Mencari Ide Bisnis Kreatif Para Entrepreneur Muda

Penulis
Debie Delima Rani

Fotografer
Dok. Debie Delima Rani

Yogyakarta, 22 Mei 2023 - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan menyambangi Kota Pelajar Yogyakarta dalam rangka menggelar kompetisi bisnis guna mencetak 5 juta entrepreneur di ulang tahun emas Republik Indonesia pada 2045 mendatang.

Berlangsung pada Senin (22/5) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), LPDP mengusung tajuk 5 Million Entrepreneur 2045 Business Competition (5ME2045). Yogyakarta adalah tempat yang penting dikunjungi karena kota ini menjadi salah satu pondasi bangsa dalam mencetak para pelajar dan generasi muda dengan segudang ide kreatif yang kompetitif.

"Yogyakarta menjadi salah satu wilayah yang paling tepat bagi LPDP untuk mencari, menyaring ide-ide bisnis yang memiliki daya saing di masa depan. Kami akan memberikan asistensi dan feedback bagi proposal-proposal yang masuk ke LPDP. Selain itu, LPDP akan memberikan pelatihan pengembangan kompetensi, membatu membuka akses ekosistem bisnis seperti mempertemukan dengan para investor," kata Shera Betania, Kepala Sub Divisi Pengelolaan Alumni LPDP yang hadir sebagai pembicara.

Program 5ME2045 ini dibuat sefleksibel mungkin dan dibuka untuk semua ide usaha di berbagai bidang yang terbuka untuk masyarakat umum, tidak hanya terbatas pada alumni atau penerima beasiswa. Dalam tataran ide bisnis, LPDP mendorong kepada para peserta untuk mampu menyusun proposal bisnis yang baik dan mampu memikat hati dunia industri termasuk investor, hal ini didukung dengan dihadirkannya dua narasumber dalam seminar kewirausahaan untuk berbagi ilmunya seputar teknik pembuatan proposal bisnis yang baik dan pengembangan ide usaha.

LPDP membuka dua kategori kompetisi dalam target 5ME2045, yaitu LPDP Business Plan Initiation Competition, dimana kategori ini dibuka bagi mereka yang ingin memulai bisnis atau memililki usaha berusia kurang dari dua tahun, dengan mengirim rencana bisnis kepada panitia LPDP 5ME2045. Kategori selanjutnya adalah LPDP Growth Plan Business Competition, diperuntukan bagi mereka yang telah menjalankan bisnis antara 2-5 tahun, untuk mengirimkan proposal pengembangan bisnis mereka agar mampu berkompetisi.

LPDP akan menyaring 25 proposal bisnis terbaik, tim maupun perorangan untuk diterbangkan ke Jakarta dalam rangka menggodok langsung ide-ide bisnis dengan para mentor yang ahli di bidangnya. Selain itu, LPDP berkomitmen dalam merespon seluruh proposal yang masuk langsung oleh mentor dan juri, dengan harapan, para pemilik bisnis bisa teredukasi.

Amat Jaedun selaku Pendamping Komunitas Mahasiswa UNY menyambut baik program LPDP 5ME2045, yang mana sangat membantu dan mencerahkan mahasiswa untuk bisa membuat proposal yang baik.

"Kompetisi ini akan menjadi simulasi bagi para mahasiswa, masyarakat umum, bahkan pelajar membuat proposal bisnis yang baik. Dan semoga, ide-ide yang tertuang dalam proposal bisa direalisasikan dalam bisnis nyata," ujar Amat.

Perwakilan Mata Garuda Yogyakarta, Rahmatullah, mengatakan tujuan kegiatan ini dibuat demi mengembangkan bakat serta bisnis para penerima beasiswa LPDP, alumni hingga masyarkat luas, khususnya di Yogyakarta.

"Kami mendorong, bagi yang ingin dan sudah memiliki usaha di Jogja untuk terus mampu mengembangkannya, dan program LPDP ini menjadi salah satu jalan yang ada, dari banyaknya jalan dalam berbisnis."

Roadshow 5ME2045 LPDP Business Competition ini dilangsungkan di 11 kota di Indonesia yang sudah dimulai sejak 2 Mei 2023. Pemenang, baik tim atau perorangan akan diumumkan pada puncak acara LPDP Festival, 2 Agustus 2023. (deb/ton)