HUT Ke-77 Republik Indonesia
Gedung Danadyaksa Cikini, Jl. Cikini Raya No.91A-D, Menteng, Jakarta Pusat
Call Center 1500-652
HUT Ke-77 Republik Indonesia
Gedung Danadyaksa Cikini, Jl. Cikini Raya No.91A-D, Menteng, Jakarta Pusat
Call Center 1500-652
BerandaBeritaSiaran Pers - Tingkatkan Kualitas SDM Di Bidang Metalurgi dan Sains Material, LPDP Luncurkan Program Beasiswa Kerja Sama dengan Kementerian Koordinator Maritim dan Inverstasi

Siaran Pers | 25-05-2022

Siaran Pers - Tingkatkan Kualitas SDM Di Bidang Metalurgi dan Sains Material, LPDP Luncurkan Program Beasiswa Kerja Sama dengan Kementerian Koordinator Maritim dan Inverstasi

Penulis
Divisi Hukum dan Komunikasi

Fotografer
Divisi Hukum dan Komunikasi

Unduh Siaran Pers

Jakarta, 25 Mei 2022 – Dengan anugerah kekayaan sumber daya alam khususnya logam dan bahan material yang begitu besar, peningkatan kualitas SDM dalam tata kelola, pemanfaatan, maupun pengembangan teknologi menjadi keharusan bagi bangsa Indonesia. Untuk mewujudkan visi besar tersebut, LPDP bersama Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi meluncurkan Program Beasiswa Kerja Sama Bidang Metalurgi dan Sains Material.

Program ini dibuka untuk program magister (S2) selama 3 tahun, pelaksanaan studi sendiri akan dilangsungkan di School of Metallurgy and Environment, Central South University, Tiongkok dengan kekhususan pada New Energy Materials dan Comprehensive Utilization of Resources.

Pendaftaran program beasiswa telah dibuka sejak 20 Mei dan akan ditutup 5 Juni 2022, seluruh pendaftar akan melalui tahapan seleksi yang terdiri dari seleksi administrasi dan seleksi substansi sebelum mendapatkan pengumuman akhir di tanggal 20 Juni 2022. Program ini ditujukan untuk masyarakat umum maupun ASN dan diutamakan bagi mereka yang memiliki latar belakang pendidikan Kimia, Teknik Kimia, Fisika, Sains Material, Teknik Material, Metalurgi, Teknik Pertambangan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Produksi, dan Teknik Manufaktur.

Syarat pendaftaran secara umum meliputi:

  1. Usia: 35 tahun untuk masyarakat umum, 37 Tahun untuk PNS (42 tahun untuk PNS dengan jabatan fungsional)
  2. IPK: 3,00 pada skala 4
  3. Bahasa:
    1. Peserta menyampaikan sertifikat Toefl iBT 85/ IELTS 6,0.
    2. Jika syarat kemampuan bahasa Inggris pada poin 3.1 belum terpenuhi, pendaftar tetap dapat mengikuti seluruh rangkaian proses seleksi LPDP.
    3. Pendaftar yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa LPDP harus menyampaikan kembali syarat kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT 85 atau IELTS 6,0 kepada LPDP sebelum penandatanganan Surat Pernyataan (SP) dan pengajuan Letter of Guarantee (LoG).
  4. Jika poin 3.3 tidak terpenuhi, maka komponen pendanaan beasiswa oleh LPDP tidak dapat dilaksanakan.

Guna mengabarkan informasi kesempatan ini kepada masyarakat, LPDP dan Kemenkomarves juga menyelenggarakan Webinar Sosialisasi Program Beasiswa Kerja Sama Bidang Metalurgi dan Sains Material ini secara daring, Rabu, 25 Mei 2022. Rekaman acara tersebut dapat masyarakat saksikan kembali di kanal Youtube LPDP RI. Seluruh informasi lebih lengkap terkait teknis pendaftaran dan persyaratan dapat diakses melalui website resmi lpdp.kemenkeu.go.id