Curriculum Vitae alias CV tentu bukan hal yang asing lagi bagi kamu. CV juga diminta saat mendaftar kampus guna mendapatkan Letter of Acceptance (LoA).
Pada prinsipnya, CV yang baik adalah CV yang singkat, padat, dan jelas ringkasannya. Seluruh informasi harus disusun dengan alur yang mengalir dan tak membingungkan recruiter/reviewer yang akan membacanya.
Meski terlihat sederhana, menyusun CV ternyata juga tidak bisa dibilang mudah dan sepele. Perlu memperhatikan sejumlah ketentuan umum agar CV kamu menarik dan mudah dipahami.
Berikut beberapa tips yang bisa menjadi referensi menulis CV
Bahasa yang digunakan harus spesifik. Jangan menggunakan bahasa yang terlalu umum, harus lugas, berbasis fakta, dan mudah untuk dibaca dengan cepat. Gunakan kalimat aktif, bukan pasif serta ditulis untuk tujuan mengekspresikan diri, bukan semata-mata untuk membuat kagum orang lain.
Kesalahan Umum. Misalnya seperti spelling dan grammar yang salah, melewatkan email dan nomor kontak, tidak tersusun rapi, isi terlalu panjang sehingga sulit dipahami dengan cepat.
Tulis pengalaman terbaru. Tulislah informasi dan pengalaman terbaru pada urutan pertama dan diikuti dengan yang lama. Cantumkan pula lisensi, pencapaian, penghargaan, sertifikat, dan informasi lainnya yang relevan dengan jurusan yang dilamar.
Hindari menggunakan bahasa gaul tidak baku. Sebaiknya jangan gunakan bahasa gaul, penulisan naratif dan penggunaan singkatan, menyertakan gambar, menggunakan kata ganti orang.
Format penulisan CV dari Office of Career Services Harvard University Faculty of Arts & Sciences juga bisa memperkaya referensi kamu di bawah ini:
Yuk langsung susun segera CV kamu dan submit ke kampus tujuanmu!