Gedung Danadyaksa Cikini, Jl. Cikini Raya No.91A-D, Menteng, Jakarta Pusat
Call Center 134, +62-21-23507011
Salah satu peserta seleksi substansi beasiswa LPDP sedang melakukan wawancara di GKN Ambon

Berita | 07-05-2024

Fasilitasi Seleksi Substansi Beasiswa LPDP di Maluku, Tersedia Jaringan Internet dan Ruang Ujian Gratis

Penulis
Ghilman Hasya Aminullah

Fotografer
Dok. Nico Christiawan

Ambon, 7 April 2024 - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) terus menunjukkan komitmennya untuk memberikan layanan inklusif untuk para pendaftar beasiswa. Seperti kegiatan seleksi substansi secara luring yang dilakukan di Gedung Keuangan Negara (GKN) Ambon guna memfasilitasi kemudahan akses para pendaftar beasiswa LPDP dari daerah afirmasi.

Sebanyak 31 peserta dari berbagai penjuru wilayah Maluku tercatat menjalani seleksi substansi secara daring di lokasi GKN Ambon, Jl. Pattimura, Kota Ambon. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai Selasa. 7 Mei 2024 sampai Rabu 8 Mei 2024 dan disediakan waktu mulai pukul 10.00 WIT sampai 16.00 WIT.

Selama ini seleksi substansi dalam seleksi pendaftaran beasiswa LPDP dilakukan secara daring meski pandemi telah berlalu. Hal ini memungkinkan peserta untuk melaksanakan seleksi dimanapun mereka berada dan mengurangi kebutuhan untuk menempuh perjalanan jauh menuju lokasi seleksi.

Namun, kondisi berbeda dialami oleh sejumlah pendaftar terutama di daerah terpencil seperti pada daerah afirmasi. Mereka seringkali masih menghadapi kendala teknis seperti tidak tersedianya jaringan internet yang stabil di daerah tempat tinggal mereka.

Solusi dan inisiatif muncul dari LPDP untuk menyediakan peralatan dan fasilitas jaringan internet di tempat terpusat dengan menggandeng kantor vertikal perwakilan Kementerian Keuangan di daerah. Jaringan internet diperkuat, modem portable disiapkan sebagai cadangan guna memastikan seleksi substansi berjalan lancar dan maksimal.

Ardi Sanduan, salah satu peserta seleksi yang berasal dari Pulau Buru menceritakan bahwa di kampung halamannya, jaringan internet masih menjadi kendala. Karena itu ia lebih memilih untuk datang ke GKN di Ambon meski harus menyeberang pulau selama delapan sampai sembilan jam perjalanan.

“(menjadi Awardee LPDP) merupakan mimpi terbesar saya, dan saya tidak mau persoalan jaringan mengganggu proses wawancara saya.” ujar Ardi yang ingin berkuliah di Universitas Negeri Malang ini.

GKN Ambon memberikan dukungan dengan menyediakan ruang seleksi wawancara dan ruang tunggu. Ruang ujian yang difasilitasi GKN ini sangat membantu kelancaran proses seleksi. Seperti yang disampaikan oleh Putri Angel Mikha, salah satu peserta yang berasal dari Kota Ambon. Di tempatnya bekerja tidak tersedia ruangan yang dapat digunakan untuk ujian. Karena seleksi substansi mensyaratkan peserta sendiri di ruang ujian, ia memilih menggunakan fasilitas ruang ujian yang disediakan GKN.

Menjemput Putra-Putri Terbaik, Memaksimalkan Pemerataan Kesempatan Pendidikan

Upaya memberikan fasilitas seleksi substansi kepada pendaftar beasiswa LPDP program Daerah Afirmasi merupakan komitmen LPDP untuk pemerataan akses kesempatan yang setara. Kepala Divisi Kerjasama dan Pengembangan Beasiswa, Agam Bayu Suryanto, mengatakan bahwa kegiatan seperti ini perlu dilakukan agar penerima beasiswa LPDP tidak hanya berasal dari provinsi tertentu saja, tetapi juga dari daerah afirmasi.

“Harapan kami para peserta beasiswa LPDP di provinsi maluku dapat semakin meningkat sehingga penyebaran penerima beasiswa LPDP akan semakin proporsional di seluruh provinsi yang ada di Indonesia” ujarnya.

Fasilitasi seleksi substansi berupa jaringan internet dan ruang ujian ini tercatat merupakan yang ketiga kalinya sejak pandemi Covid-19 berakhir. Tahun lalu telah diadakan upaya fasilitasi serupa di GKN Ambon. Dari 34 orang peserta yang mengikuti seleksi substansi di GKN Ambon pada Oktober 2023, dan 26 orang diantaranya lulus seleksi. Ini merupakan suatu prestasi dimana 76 persen lulus seleksi, melebihi rata rata kelulusan nasional di angka 73 persen.

Kepala Sekretariat Perwakilan Kementerian Keuangan Maluku di GKN, Aris Riantori Faisal berharap kerjasama penyelenggaraan fasilitasi internet ini dapat terus berjalan. Ia berharap peserta yang mengikuti seleksi di GKN Ambon tahun ini dapat lulus menjadi awardee penerima beasiswa LPDP.

Untuk diketahui bahwa seleksi substansi merupakan tahapan dalam pendaftaran beasiswa LPDP paling akhir setelah lolos seleksi administrasi dan atau seleksi bakat skolastik. Para peserta akan dihadapkan dengan sejumlah penguji untuk dilakukan proses wawancara mendalam.

Kehadiran LPDP berkolaborasi dengan Kementerian Keuangan di Ambon merupakan wujud sinergi dan komitmen bersama dalam memaksimalkan #UangKita untuk akselerasi pendidikan tinggi berkualitas yang menjangkau hingga pelosok Indonesia. Nantinya kegiatan fasilitasi seleksi substansi ini juga akan dilaksanakan di tiga kota lainnya yaitu Jayapura, Sorong, dan Kupang.

Editor: Tony Firman



Motto #EksplorPotensimu