Gedung Danadyaksa Cikini, Jl. Cikini Raya No.91A-D, Menteng, Jakarta Pusat
Call Center 134, +62-21-23507011
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat memberikan pemaparan di acara LEAD x GEMA at London

Berita | 08-05-2024

Pesan Menteri Keuangan di Acara LEAD x GEMA: Tanggungjawab Awardee LPDP adalah Memajukan Bangsa

Penulis
Tony Firman

Fotografer
Dok. Panitia MGBI

London, 6 Mei 2024 - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merasa turut bertanggungjawab kepada para awardee yang akan lulus studi dengan membuat kegiatan pembekalan dan penguatan pasca studi sekaligus wadah berjejaring.

Kegiatan pembekalan yang bernama LEAD (Leaders Enrichment, Attachment, and Development) ini berkolaborasi dengan Mata Garuda Britania dan Irlandia (MGBI) dengan mengambil tema “Unlocking Potentials for Better Indonesian Future”.

Ada yang berbeda dari kegiatan LEAD biasanya. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrayani turut hadir di sela-sela lawatan kerja di sejumlah negara Eropa. Menkeu Sri Mulyani menyampaikan bahwa bila bicara tentang unlocking potential suatu negara maka aset utama yang dimiliki adalah sumber daya manusia Indonesia.

Menkeu Sri Mulyani turut menekankan perlunya memiliki ambisi, kerja keras dan mental baja untuk mengembangkan potensi dan ilmu yang sudah didapat untuk memajukan bangsa. Mengamanatkan kepada para awardee agar selama berkuliah untuk turut mempelajari berbagai inovasi institusi di negara tempat belajar agar bisa diimplementasikan di Indonesia.

“Anda semuanya yang negara sudah invest, kalian punya tanggung jawab untuk membuat Indonesia tidak berhenti di middle income, sekarang disebutnya middle upper, karena di atas $5000. Middle upper ke high income itu jauh banget” papar Menteri Keuangan Sri Mulyani di hadapan ratusan peserta acara yang hadir.

Sebelum sesi Menkeu berbicara, pembahasan LEAD adalah seputar wawasan terkait persiapan karier dan transisi dari kehidupan akademis ke dunia profesional. Dua narasumber Raeni, PhD (Peneliti Akuntansi dan Perubahan Iklim, dan Reviewer Pakar PBB untuk Global Environment Outlook), dan Analisa Widyaningrum, Psikolog, MSc (Psikolog Klinis Rumah Sakit JIH dan CEO Analisa Personality Development Center). Masing-masing memberikan perspektif unik tentang bagaimana memanfaatkan potensi pribadi untuk memberikan kontribusi aktif bagi Indonesia.

Acara GEMA x LEAD dilangsungkan secara hybrid yang turut tayang di kanal YouTube resmi LPDP. Ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan GEMA x LEAD. Di tahun pertama pada 2023 lalu, GEMA telah memberikan dampak positif bagi lebih dari 250 mahasiswa dari seluruh Britania Raya dan Irlandia.

Dari rilis MGBI, lebih dari 500 peserta yang memadati gedung All Souls Langham Place untuk menyaksikan GEMA x LEAD. Kegiatan berlangsung dari pukul 12.00 sampai 17.00 waktu setempat.


Motto #EksplorPotensimu