Gedung Danadyaksa Cikini, Jl. Cikini Raya No.91A-D, Menteng, Jakarta Pusat
Call Center 134, +62-21-23507011
Ilustrasi kampus UST

Berita | 18-04-2024

Ayo Buruan Daftar! Baru Dibuka Beasiswa LPDP di Korea dan Tiongkok

Penulis
Tony Firman

Fotografer
Dok. Ilustrasi

Jakarta, 18 April 2024 - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) baru saja membuka beasiswa targeted untuk kampus di Korea dan Tiongkok pada Rabu (17/04) kemarin.

Ada tiga kampus tujuan yang dibuka kali ini yaitu The University of Science and Technology (UST) Korea Selatan, Northeastern University (NEU) Tiongkok, dan Central South University (CSU) Tiongkok.

Di UST Korea Selatan, terdapat beasiswa LPDP untuk jenjang magister dan doktor dengan bidang spesifik seperti digital, energi terbarukan (renewable energy), ekonomi biru (blue economy), dan bioteknologi. Durasi maksimal studi di jenjang magister adalah dua tahun dan di jenjang doktor paling lama adalah empat tahun.

Untuk di NEU, beasiswa yang ditawarkan adalah bidang Metalurgi untuk lulusan S1 dari bidang metalurgi, kimia, pengolahan mineral, teknik mesin, teknik elektro, geologi, dan yang linier lainnya.

Sedangkan di CSU menyediakan bidang Metalurgi dan Sains Material untuk lulusan S1 dari bidang Kimia, Teknik Kimia, Fisika, Material Sains, Teknik Material, Metalurgi, Teknik Pertambangan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Produksi, Teknik Manufaktur, dan Teknik Geologi dan yang linier.

Baik NEU dan CSU hanya menyediakan beasiswa untuk jenjang magister dengan durasi pendidikan maksimal adalah tiga tahun.

Khusus lulusan beasiswa di NEU diwajibkan menjalani ikatan dinas dengan bekerja langsung di industri ZHC Co. Ltd yang berada di Indonesia selama dua tahun lamanya.

Ketiga beasiswa ini merupakan program kemitraan kerja sama. Beasiswa UST di Korea Selatan merupakan pendanaan bersama antara LPDP dan kampus UST. Beasiswa NEU adalah pendanaan bersama antara Kemenkomarves, LPDP, NEU dan Zhejiang Huayou Cobalt Co. Ltd., Sementara Beasiswa CSU adalah pendanaan antara Kemenkomarves, LPDP, CSU, dan GEM Co. Ltd.

Berminat mencobanya? Segera akses situs resmi LPDP pada bagian Beasiswa Targeted untuk mengetahui ketentuan lengkap dari ketiga beasiswa ini.