Gedung Danadyaksa Cikini, Jl. Cikini Raya No.91A-D, Menteng, Jakarta Pusat
Call Center 134, +62-21-23507011

Siaran Pers | 30-05-2023

LPDP dan PT SMI Sepakati Kerja Sama untuk Akselerasi Pembangunan Indonesia

Penulis
Tony Firman

Fotografer
Dok. Tony Firman

Unduh Siaran Pers SP-4/LPDP/2023

Jakarta, 30 Mei 2023 – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bersama PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) menandatangani nota kesepahaman strategis dalam rangka akselerasi pembangunan nasional pada Selasa (30/5) pagi. Kesepakatan kerja sama yang terjalin antara LPDP dan PT SMI mencakup empat bidang strategis, yaitu kerja sama investasi, pengembangan SDM, riset, dan penyaluran dana filantropi.

Sebagai sesama Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan, LPDP dan PT SMI mengemban tugas untuk turut mengakselerasi pembangunan nasional. Kedua lembaga ini akan berkolaborasi dalam banyak program turunan dari keempat bidang strategis tersebut seperti pengembangan energi hijau, sosialisasi program beasiswa, pengelolaan alumni LPDP, pengembangan SDM dan banyak lagi.

Menurut Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad, LPDP dan PT SMI memiliki keunggulan dan karakteristik masing-masing yang dapat dikolaborasikan untuk mewujudkan visi misi bersama. Edwinberharap kerja sama dengan LPDP dapat melahirkan aksi nyata dalam melaksanakan amanat untuk membangun negeri.

“LPDP memiliki keunggulan dengan program beasiswanya, dan PT SMI juga memiliki keunggulan untuk kontribusi dengan membangun infrastruktur. Dengan karakteristik yang berbeda ini saya rasa sangat penting apabila kedua institusi melakukan kolaborasi dan sinergi untuk untuk memperkuat peran masing-masing.” ujar Edwin Syahruzad dalam sambutannya.

Kerja sama ini juga dapat dipakai untuk membiayai kegiatan riset yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Ditambah pengalaman PT SMI yang turut mengelola dana filantropi, kerja sama ini dapat membuka akses pengelolaan dana-dana filantropis dan para mitra strategis lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto melihat PT SMI adalah mitra strategis dalam mewujudkan visi LPDP. Oleh karena itu, penandatanganan kerja sama ini adalah suatu langkah kemajuan yang baik. 

“Pada hari yang baik ini, kita bertemu dan melangsungkan penandatangan kerangka kerja sama antara LPDP-PT SMI sebagai wujud sinergi dua institusi yang sama-sama memiliki kepedulian dalam mempersiapkan masa depan yang lebih baik bagi Indonesia,” tutur Andin Hadiyanto yang turut memberi sambutan sebelum penandatanganan nota kesepahaman.

Sebagai lembaga yang mengelola dana pendidikan dan riset, LPDP memiliki visi yang jelas untuk mencetak SDM Indonesia yang unggul dan berdaya saing global. LPDP juga mendorong inovasi riset agar Indonesia menjadi negara yang maju, sejahtera, demokratis, dan berkeadilan.

Program layanan LPDP seluruhnya didukung oleh pengelolaan investasi yang prudent dengan tingkat risiko yang terukur serta selalu mendukung inisiatif penerapan konsep keberlanjutan di Indonesia. Salah satu wujudnya termasuk menempatkan portofolio pada obligasi berwawasan lingkungan atau green bonds diantaranya yang diterbitkan oleh pada PT SMI.

Setelah sambutan dan pemaparan dari Direktur Utama PT SMI dan LPDP, acara dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman di hadapan para direksi dari kedua institusi dan diteruskan dengan penukaran plakat.

Acara penandatanganan nota kesepahaman antara LPDP dan PT SMI dilakukan di kantor pusat PT SMI yang berlokasi di Sahid Sudirman Center, Lantai 47-48, Jakarta Pusat. Acara ini dihadiri pula oleh jajaran direksi LPDP dan PT SMI.