Gedung Danadyaksa Cikini, Jl. Cikini Raya No.91A-D, Menteng, Jakarta Pusat
Call Center 134, +62-21-23507011

Berita | 19-05-2023

LPDP Hadir di Padang untuk Menjaring Minat Calon Peserta Business Competition

Penulis
Dimas Wahyudi

Fotografer
Dimas Wahyudi

Padang, 16 Mei 2023 - Gelaran 5 Million Entrepreneur 2045 LPDP Business Competition telah resmi dibuka sejak 2 Mei lalu. Guna menyuarakan kabar dan mengeruk minat para wirausaha muda, LPDP bersama komunitas Mata Garuda Sumatera Barat datang langsung di hadapan sekitar 300 calon pendaftar Business Competition di Padang, Selasa 16 Mei 2023. Sesuai dengan sasaran kegiatan ini, peserta tak hanya didominasi oleh kalangan masyarakat umum, namun juga mahasiswa, awardee dan alumni LPDP, serta pelajar sekolah menengah. 


Dalam kesempatan ini, LPDP menyampaikan langsung teknis kegiatan Business Competition. Ada dua kategori lomba yang ditawarkan, yaitu Business Initiation untuk ide/rencana bisnis dan sudah menjalankannya maksimal selama dua tahun, dan Business Growth Plan untuk usaha yang telah berjalan dua hingga lima tahun dan punya potensi untuk berkembang lebih besar. Sektor bisnis yang dilombakan mencakup lingkungan, kesehatan, teknologi, pendidikan, bioteknologi, budaya dan wisata, kreatif, hingga agrikultur. 


Tak hanya sosialisasi, acara ini juga turut diisi dengan sesi pendampingan dari dua narasumber Mata Garuda Sumatera Barat, yaitu Indah Permata Suryani, dosen Universitas Andalas sekaligus master di bidang keuangan jebolan Birmingham University dan M. Ikhsan Alia, pengusaha sekaligus master di bidang hukum perbankan jebolan Glasgow University. Dalam paparannya, Indah membuka inspirasi dan motivasi calon peserta untuk mampu menemukan ide usahanya dengan kemampuan design thinking. Pemahaman calon peserta Business Competition di Padang ini juga turut diperkaya dengan paparan metode penyusunan ide dan proposal bisnis oleh Ikhsan. 


Susunan acara dan materi yang diberikan pada sosialisasi di Padang ini mendapat apresiasi hangat. Peserta tak hanya membutuhkan informasi teknis seputar lomba semata, melalui kedua narasumber, peserta sosialisasi juga turut mendapat wawasan/insights menemukan ide bisnis hingga hal-hal teknis soal menyusun proposal bisnis yang baik. 


Visi Bangsa Wirausaha


Dalam sambutannya, Plt. Kepala Divisi Pengelolaan Alumni, Ibu Juni Damanik menyampaikan bahwa 5ME2045: LPDP Business Competition adalah wujud kontribusi LPDP beserta komunitas alumni LPDP, Mata Garuda untuk turut mewujudkan peningkatan kekuatan ekonomi bangsa melalui wirausaha. 5ME2045 yang merupakan akronim dari 5 Million Entrepreneur 2045 adalah sebuah visi, sebuah kondisi yang menggambarkan suburnya iklim wirausaha di Indonesia, sehingga kedaulatan ekonomi Indonesia sebagai kekuatan nomor empat dunia di tahun 2045 tak hanya sekadar angan.


Pemilihan Sumatera Barat khususnya Kota Padang sebagai titik awal roadshow sosialisasi LPDP Business Competition ini juga dinilai tepat oleh Ibu Syukriah, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumatera Barat, Kementerian Keuangan RI. Dalam sambutannya, Ibu Syukria mengingatkan bahwa Entrepreneur itu bak golongan darah yang memang mengalir di nadi orang Minang. Kelihaiannya telah banyak terbukti dengan kesuksesan-kesuksesan wirausaha Minang bahkan di perantauan sekalipun. Melalui LPDP Business Competition ini, Ibu Syukriah berharap Padang dan Sumatera Barat pada umumnya mampu menjadi pabrik wirausaha muda yang mampu mendongkrak ekonomi daerah maupun nasional. 


Sosialisasi LPDP Business Competition juga turut dihadiri Gubernur Sumatera Barat, Bapak Mahyeldi. Dalam sambutannya, Gubernur juga mengungkap program baru unggulan LPDP ini sejalan dengan program daerahnya untuk mencetak 100 ribu wirausaha. Berwirausaha adalah profesi mulia, Gubernur berpesan anak-anak muda yang mendominasi acara sosialisasi ini dapat segera menyalurkan pikiran dan energinya untuk benar-benar mewujudkan usahanya. 


Kesempatan Fellowship Ke Luar Negeri


Tak digarap asal-asalan, program 5ME2045: LPDP Business Competition tentu menawarkan benefit luar biasa. 25 tim/perseorangan yang keluar sebagai pemenang akan diumumkan pada puncak acara LPDP Festival, 2 Juni 2023 yang akan datang, pemenang akan mendulang setidaknya 5 keuntungan baik yang bersifat material maupun non material, dari jejaring, pengalaman praktis, penghargaan dan pengakuan prestasi, akses kepada ekosistem kewirausahaan dan investasi, dan tentu yang paling menarik perhatian peserta, kesempatan menjalani pengembangan kompetensi di kampus wirausaha terbaik di luar negeri. 


Kegiatan LPDP Business Competition turut disosialisasikan oleh seluruh komunitas Mata Garuda, berminat untuk mendaftarkan bisnis terbaik Anda? Ikuti informasi seputar LPDP Business Competition melalui kanal instagram @LPDP_RI dan @LPDPFestival, cari juga informasi seputar kegiatan sosialisasi melalui akun media sosial Mata Garuda di masing-masing daerah Anda (dim/ton).


#DiriuntukNegeri #LPDPBusinessCompetition #5ME2045 #Business #Entrepreneur