Gedung Danadyaksa Cikini, Jl. Cikini Raya No.91A-D, Menteng, Jakarta Pusat
Call Center 134, +62-21-23507011
Para pemateri dalam Webinar Sosialisasi Program Kerja Sama LPDP dengan UST, CSU, dan NEU

Berita | 26-04-2024

Sosialisasi Beasiswa Prioritas LPDP: Ayo Daftar! Ada Tiga Beasiswa LPDP Baru yang Masih Dibuka

Penulis
Tony Firman

Fotografer
Dok. YouTube LPDP RI

Jakarta, 25 April 2024 - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah melakukan webinar sosialisasi beasiswa kerja sama dengan tiga universitas asal Korea dan Tiongkok pada Kamis (25/4) siang. Memanggil putra-putri terbaik bangsa yang tengah mencari beasiswa untuk mendaftarkan diri


Sosialisasi ini ingin memperkenalkan kepada khalayak luas bahwa saat ini LPDP tengah membuka tiga beasiswa prioritas yaitu, beasiswa kerja sama Metalurgi Northeastern University (NEU), beasiswa kerja sama Central South University (CSU), dan beasiswa kerja sama Korea University of Science & Technology (UST).


Asisten Deputi Bidang Industri Maritim dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenomarves), Muhammad Firdausi Manti dalam paparan sosialisasinya menjelaskan bahwa beasiswa prioritas di NEU dan CSU adalah dalam rangka untuk memenuhi program hilirisasi industri berbasis tambang mineral yang sedang berlangsung di Indonesia.


“CSU ini berada di provinsi Hunan di Tiongkok. Di sini kota yang cukup baik sekaligus merupakan kota kelahiran metalurgi. Jadi kampus ini cukup bagus dan terkenal.” ujarnya dalam menjelaskan beasiswa CSU yang telah berlangsung sejak 2019.


Ada pula beasiswa NEU yang menawarkan ikatan dinas kerja pasca lulus di perusahaan tambang yang ada di Indonesia. 


“Untuk beasiswa NEU ini ada tambahan mengenai ikatan dinas dua tahun langsung bekerja di Zhejiang Huayou Cobalt yang ada di Indonesia, di site-nya ya, di smelternya baik itu mungkin di Morowali Sulawesi Selatan maupun mungkin di Halmahera” jelas Muhammad Firdausi Manti.


Beasiswa CSU kali ini merupakan batch kedua di mana pada tahun kemarin ada 26 orang mahasiswa Indonesia yang berangkat dan menempuh studi di sana. 


Bagi para peminat tema-tema bidang digital, energi terbarukan (renewable energy), ekonomi biru (blue economy), dan bioteknologi, beasiswa ke UST di Korea Selatan bisa menjadi pilihan.


Inhwa Hwang selaku Admission Staff dari UST Korea Selatan menjelaskan bahwa UST merupakan kampus sains bergengsi yang merupakan gabungan dari 32 institut penelitian yang didanai pemerintah. Lokasi kampusnya berada di Daejeon dan memiliki fasilitas penelitian yang tersebar di banyak kota di Korea Selatan.


“Anda dapat mengakses peralatan dan fasilitas canggih yang tersedia di setiap lembaga penelitian. Anda akan mendapatkan bimbingan dari anggota fakultas kami yang luar biasa di berbagai bidang. Anda juga akan berpartisipasi dalam proyek penelitian dan pengembangan nasional berjangka panjang dan berskala besar.” papar Inhwa Hwang.


Sementara itu Direktur Utama LPDP Dwi Larso mengungkapkan bahwa beasiswa dengan skema kerja sama seperti ini sangat menguntungkan dari sisi pembiayaan lantaran berskema co-funding bersama partner kampus.


“Ini tentunya akan menghemat rupiah. Kalau dulu kita mengirim satu, dengan kerja sama ini kita bisa mengirim tiga (mahasiswa)” ujar Dwi Larso dalam pembukanya pada Kamis (26/4) siang.


Lebih lanjut Dwi Larso mengatakan, tujuan dari beasiswa co-funding di kampus Korea dan Tiongkok ini adalah untuk mengejar ketertinggalan pada area-area prioritas yang dibutuhkan bangsa.


Pendaftaran beasiswa NEU dan CSU dibuka dari tanggal 17 April 2024 - 17 Mei 2024 dan menyediakan jenjang magister dengan durasi pendidikan maksimal adalah tiga tahun. Sedangkan pendaftaran  beasiswa UST dibuka dari tanggal 17 April 2024 - 6 Mei 2024 dengan menyediakan jenjang magister dan doktor.


Ketiga beasiswa ini membawa angin segar khususnya bagi peminat studi seperti digital, energi terbarukan (renewable energy), ekonomi biru (blue economy), bioteknologi, dan metalurgi. Para peminat bidang-bidang ini dapat segera mendaftarkan diri selama periode pembukaan yang sedang berlangsung saat ini.


Program kemitraan kerja sama co-funding dari ketiga beasiswa ini melibatkan Kemenkomarves, pihak kampus dan perusahaan swasta. Beasiswa UST di Korea Selatan merupakan pendanaan bersama antara LPDP dan kampus UST. Beasiswa NEU adalah pendanaan bersama antara Kemenkomarves, LPDP, NEU dan Zhejiang Huayou Cobalt Co. Ltd., Sementara Beasiswa CSU adalah pendanaan antara Kemenkomarves, LPDP, CSU, dan GEM Co. Ltd.


Untuk informasi segala persyaratan lengkap, ketentuan, benefit dan tata cara pendaftaran, Anda dapat mengunjungi langsung laman LPDP pada bagian Beasiswa Targeted. Ayo manfaatkan peluangmu sekarang juga.