Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022 Tahap 2 Dibuka
76 Hari
:
7 Jam
:
45 Menit
Gedung Danadyaksa Cikini, Jl. Cikini Raya No.91A-D, Menteng, Jakarta Pusat
Call Center 1500-652
Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022 Tahap 2 Dibuka
76 Hari
:
7 Jam
:
45 Menit
Gedung Danadyaksa Cikini, Jl. Cikini Raya No.91A-D, Menteng, Jakarta Pusat
Call Center 1500-652
BerandaDana Abadi

Dana Abadi

Selengkapnya
tipe dana abadi

Dana Abadi Pendidikan

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan satuan kerja non-eselon pada Kementerian Keuangan yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU) dan mengelola Dana Abadi Pendidikan (DAP) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Definisi organisasi ini diatur pada pasal 1 angka 4 Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2019 tentang Dana Abadi Pendidikan.

Dana Abadi Pendidikan (DAP) yang dikelola LPDP adalah dana yang bersifat abadi untuk menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi berikutnya yang tidak dapat digunakan untuk belanja. Sesuai dengan Bab I Ketentuan Umum Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2019 pasal 1 angka 1, disebutkan bahwa Dana Abadi Pendidikan adalah dana yang bersifat abadi untuk menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi berikutnya yang tidak dapat digunakan untuk belanja.

Sumber Dana Abadi

Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN)

Termasuk akumulasi alokasi tahun-tahun sebelumnya yang dikelola LPDP.

Pendapatan investasi

Merupakan hasil pengembangan Dana Abadi Pendidikan.

Sumber lain yang sah

Dapat berupa hibah, hasil kerja sama dengan pihak lain, pendapatan alih teknologi hasil riset, royalti atas hak paten, dana pihak ketiga, dana perwalian, baik dari dalam maupun luar negeri, dan/atau sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

tipe dana abadi

Dana Abadi Pendidikan dapat dikembangkan dalam bentuk investasi jangka pendek dan/atau jangka panjang pada surat berharga maupun nonsurat berharga di dalam dan/atau di luar negeri. Dalam menjalankan tugas pengembangan dana, LPDP dapat bekerjasama dengan pihak ketiga, dengan tetap mengedepankan praktik bisnis yang sehat dan risiko yang terkelola, serta memperhatikan prinsip tata kelola yang baik.

Penerima manfaat Dana Abadi Pendidikan berdasarkan Pasal 11 ayat 1 adalah seluruh warga negara Indonesia dan lembaga/badan hukum Indonesia setelah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh LPDP.

Kelolaan Dana Abadi Lainnya

Dana Abadi Penelitian
Dana Abadi Penelitian

Pengelolaan dana abadi yang bertujuan mendorong riset strategis dalam rangka percepatan inovasi nasional, menjaga keseimbangan pendanaan invensi dan inovasi, serta mengoptimalkan hasil penelitian yang memiliki dampak luas bagi kemajuan Indonesia.

Dana Abadi Perguruan Tinggi
Dana Abadi Perguruan Tinggi

Pengelolaan dana abadi yang bertujuan meningkatkan kinerja dan memperkuat kualitas perguruan tinggi di Indonesia untuk dapat bersaing dengan perguruan tinggi kelas dunia.

Dana Abadi Kebudayaan
Dana Abadi Kebudayaan

Pengelolaan dana abadi yang bertujuan terciptanya ruang ekspresi keragaman budaya oleh para pelaku budaya dan pemerintah, reformasi kelembagaan kebudayaan, serta memperkuat kedudukan Indonesia di dalam diplomasi dunia bidang kebudayaan.


Anda Memiliki Pertanyaan?